1. 2. 1. 2.
Love Math Love Life
Mathematics Life Style : Peranan Psikologi Pendidikan dalam Proses Pembelajaran Matematika

Selasa, 13 Oktober 2015

Peranan Psikologi Pendidikan dalam Proses Pembelajaran Matematika

Peranan Psikologi Pendidikan dalam Proses 
Pembelajaran Matematika
Menurut pendapat saya, psikologi pendidikan merupakan suatu cabang ilmu yang mempelajari, membahas dan mengimplementasikan segala bentuk respons terhadap perilaku individu, yang dalam arti sempitnya  yaitu ilmu yang mempelajari perilaku dari peserta didik. Perilaku tersebut mencakup berbagai aspek fisiologis dan psikologis peserta didik dalam konteks pendidikan, misalnya; faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keberhasilan siswa dalam belajar, kesehatan mental peserta didik, sifat dan kejiwaan peserta didik, serta bagaimana memberikan solusi kepada peserta didik terhadap permasalahan yang mereka hadapi. Psikologi pendidikan berpusat pada pelayanan peserta didik, agar mencapai perkembangan pribadi yang optimal dan dapat mewujudkan tujuan pendidikan nasional.
                             

“Apa itu pembelajaran matematika?” Pandangan saya terhadap pembelajaran matematika yaitu menjurus pada suatu proses pembelajaran yang di dalamnya terdapat interaksi dan komunikasi antara pendidik dan peserta didik dalam konteks matematika. Dalam pembelajaran matematika, diperlukan analisis, penalaran dan pemikiran yang logis baik secara kualitatif maupun kuantitatif, serta berpikir kritis dalam menyelesaikan masalah. Pembelajaran matematika tidak hanya memberikan pengetahuan kepada peserta didik mengenai cara berhitung, namun pembelajaran matematika juga digunakan dalam kehidupan  sehari-hari, menjadikan peserta didik sebagai individu yang tangguh, jujur dan dapat menyelesaikan berbagai masalah. Selain itu, pembelajaran matematika dimanfaatkan sebagai point utama dalam pengembangan teknologi.
Seringkali pembelajaran matematika dikategorikan sebagai suatu pembelajaran yang sulit dan dijadikan suatu pelajaran yang menakutkan bagi peserta didik, hal tersebut terjadi dikarenakan banyak faktor, diantaranya yaitu cara penyampaian materi yang kurang menarik. Melihat berbagai permasalahan tersebut,  disinilah arti pentingnya peranan psikologi pendidikan untuk menanggapi dan menjawab tantangan terhadap semua permasalahan yang ada didalam pembelajaran matematika. Seorang pendidik harus mengetahui kesiapan mental peserta didik dan memahami bahwa setiap peserta didik memiliki kemampuan yang berbeda-beda, sehingga pendidik tidak menggunakan emosi negatifnya ketika menemui anak yang kesulitan dalam belajar. Pendidik harus memiliki pandangan bahwa dirinya dapat mengubah potret pembelajaran matematika yang rumit dan membosankan menjadi pembelajaran yang menyenangkan, motivasi dalam belajar juga perlu diberikan kepada peserta didik agar dapat merangsang pemikiran peserta didik mengenai arti pentingnya pembelajaran matematika . Selain itu, dengan landasan psikologi pendidikan, pendidik dapat memahami metode pembelajaran apa yang sesuai untuk diterapkan agar tercapainya pembelajaran matematika yang optimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar